This is My Blog

Selamat Datang di Blog Saya semoga dapat membantu

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Saturday 31 March 2012

Cara memasang RAM

 Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang dan menginstal RAM :

1. Pertama tama tentukan jenis RAM yang Anda butuhkan, dan apakah komputer Anda memiliki cukup slot terbuka untuk menahannya. RAM baru harus sesuai dengan spesifikasi RAM yang sudah ada dan konfigurasi.
2. Matikan komputer dan biarkan dicolokkan ke penindas gelombang.
3. Lepaskan semua perangkat periferal, seperti monitor, dari komputer.
4. Lepaskan penutup komputer.
5. Ground diri anda ke komputer dengan peralatan landasan profesional seperti sebuah gelang anti-statis atau memegang bagian logam dari chassis.
6. Hapus semua kartu atau komponen internal yang diperlukan untuk memberikan diri Anda akses terhalang untuk soket RAM.
7. Ambil Anda SIMM (modul memori single in-line) atau DIMM (modul memori dual in-line) oleh berakhir tanpa menyentuh pin atau keripik.
8. Jika menambahkan SIMM, menemukan akhir berkumai dan putar SIMM sehingga sejajar dengan kartu RAM yang sudah ada (s). Masukkan SIMM ke dalam soket pada sudut 30 derajat. Jika menambahkan memasukkan DIMM, DIMM lurus sehingga tegak lurus terhadap motherboard.
9. Gunakan tekanan sedikit untuk menjaga SIMM dari mundur saat memutar modul ke posisi tegak tegak lurus dengan motherboard.
10. Pastikan lubang kecil di setiap sisi cocok SIMM ke penahannya.
11. Merasakan atau mendengar klip penahan kunci SIMM ke dalam stopkontak; menutup sisi klip pada DIMM.
12. Perlahan mencoba menarik keluar modul untuk memastikan terkunci dalam posisi.
13. Ganti semua komponen internal.
14. Biarkan tutup dan menyambung kembali monitor, keyboard dan mouse.
15. Nyalakan komputer.
16. Periksa jumlah RAM dengan mengklik kanan ikon My Computer pada Windows dan memilih Properties.
17. Jika Anda tidak melihat jumlah yang tepat RAM, matikan komputer dan coba “Memasang tempat duduk” yang SIMM atau DIMM (angkat dan menaruh kembali di) dan reboot. Jika itu tidak bekerja, hubungi seorang teknisi.
18. Matikan komputer dan lepaskan peripheral lagi.
19. Pasang kembali cover dan kembali semua peripheral.
20. Ram pun siap untuk digunakan.

Sumber : http://gicara.com/komputer/bagaimana-cara-menginstal-ram.html

Penjelasan Sistem Operasi

penjelasan komputer sistem operasi

1. Komponen-Komponen Komputer
Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
• Input/Output Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
• Storage Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
• Monitor /Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan  keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
• Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
• Central Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
2. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
• Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
• Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsi untuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
• Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna keperluan interennya.
• Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
3. Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.Secara garis besar, Sistem dapat dibagi 2 :
a.SISTEM FISIK ( PHYSICAL SYSTEM ):
Kumpulan elemen-elemen/ unsur-unsur yang saling berinteraksi satu sama
lain secara fisik serta dapat diidentifikasikan secara nyata tujuan-tujuannya.
Contoh :
- Sistem transportasi, elemen : petugas, mesin, organisasi yang
menjalankan transportasi .
- Sistem Komputer, elemen : peralatan yang berfungsi bersama-sama untuk
menjalankan pengolahan data.
b.SISTEM ABSTRAK ( ABSTRACT SYSTEM):
Sistem yang dibentuk akibat terselenggaranya ketergantungan ide, dan
tidak dapat diidentifikasikan secara nyata, tetapi dapat diuraikan elemen-
elemennya.
Compile
Adalah program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman.Perangkat lunak yang melakukan proses penterjemahan code (dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin.
Library
Merupakan kumpulan dari subrutin, fungsi prosedur, atau modul, yang disimpan pada satu atau beberapa file, biasanya digunakan untuk proses kompilasi pada pemrograman.
Shell
Program yang menerima masukan berupa perintah ke sistem, dan menterjemahkan menjadi aktivitas sistem komputer.Shell dapat berupa:
- Text based shell,
- Gui based shell
- System call
Operasi system kernel
Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Ada 4 kategori kernel:
1. Monolithic kernel. Kernel yang menyediakan abstraksi perangkat keras yang kaya dan tangguh.
2. Microkernel. Kernel yang menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi perangkat keras sederhana, dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang disebut sebagai server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya.
3. Hybrid (modifikasi dari microkernel). Kernel yang mirip microkernel, tetapi ia juga memasukkan beberapa kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat.
4. Exokernel. Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware, tapi ia menyediakan sekumpulan pustaka yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke perangkat keras secara langsung atau hampir-hampir langsung.
Computer hardware
* Prosesor, atau CPU unit yang mengolah data
* Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
* Hard drive, media penyimpanan semi permanen
* Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
* Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer

Sumber : http://ikedagokil.wordpress.com/2009/03/10/penjelasan-komputer-sistem-operasi/

Saturday 24 March 2012

Seleksi Protokol

Seleksi Protokol

Tujuan:
Diharapkan anda dapat memahami dengan jelas.

Bab ini bergeser dari aspek teoritis dari desain jaringan untuk aspek yang lebih praktis dari manajemen jaringan. Meskipun ada pasti akan ada beberapa diskusi teoritis, terutama di bagian pertama, teori akan seimbang dengan diskusi yang lebih praktis dari masalah konfigurasi, baik untuk jaringan baru atau jaringan yang ada.

Statis vs Dinamis Routing

Sebelum menjelajahi isu seputar pemilihan dan konfigurasi protokol routing dinamis IP, adalah tepat untuk membahas routing statis sebagai alternatif. Dalam Bab 1, Dasar-dasar Jaringan IP, kita melihat bahwa setiap mesin dalam sebuah jaringan IP membuat keputusan tentang bagaimana untuk mencapai tujuan dengan berkonsultasi tabel routing pribadi. Daripada menghitung seluruh jalan atau arah ke tujuan, itu hanya memilih hop berikutnya yang mengarah ke tujuan itu, dan bergantung pada mesin hop berikutnya untuk memilih hop selanjutnya yang mendapat paket lebih dekat ke tujuannya. Independen hop-by-hop routing yang mensyaratkan bahwa semua mesin memiliki pandangan yang konsisten tentang bagaimana untuk mencapai semua tujuan dalam jaringan. Jika konsistensi hilang, dua atau lebih mesin (mungkin router) dapat membentuk loop routing, dan paket tidak pernah membuat ke tujuannya.

Untuk mencapai konsistensi, administrator jaringan dapat secara manual mengkonfigurasi setiap mesin dengan satu set precomputed rute yang dia tahu untuk konsisten, atau mesin dapat berkomunikasi informasi routing satu sama lain melalui beberapa jenis protokol. Pendekatan pertama dikenal sebagai routing statis, dan yang kedua sebagai routing dinamis.
Keuntungan dari Static Routing

Routing statis memiliki beberapa keunggulan besar atas routing dinamis. Kepala di antara keunggulan ini adalah prediktabilitas. Karena administrator jaringan menghitung tabel routing di muka, jalur suatu paket mengambil antara dua tujuan selalu dikenal tepat, dan dapat dikontrol dengan tepat. Dengan routing dinamis, jalan yang diambil tergantung pada perangkat dan link yang berfungsi, dan bagaimana router telah menafsirkan update dari router lain.

Selain itu, karena tidak ada protokol routing dinamis dibutuhkan, routing statis tidak memaksakan overhead apapun pada router atau link jaringan. Sementara overhead ini mungkin minimal pada cincin FDDI, atau bahkan pada segmen Ethernet, bisa jadi sebagian besar bandwidth jaringan pada link kecepatan rendah dial-up. Pertimbangkan jaringan dengan 200 segmen jaringan. Setiap 30 detik, seperti yang dipersyaratkan oleh spesifikasi RIP, router mengirim semua update informasi reachability yang mengandung untuk semua 200 dari segmen ini. Dengan setiap rute mengambil 16 oktet ruang, ditambah sedikit overhead, ukuran minimum untuk pembaruan di jaringan ini adalah lebih dari tiga kilobyte. Setiap router karena itu harus mengirim update 3 Kb pada setiap interface-nya setiap 30 detik. Seperti yang Anda lihat, untuk jaringan besar, bandwidth yang dikhususkan untuk routing update dapat bertambah dengan cepat.

Akhirnya, routing statis adalah mudah untuk mengkonfigurasi pada jaringan kecil. Administrator jaringan hanya memberitahu setiap router bagaimana menjangkau setiap segmen jaringan yang tidak langsung terpasang. Pertimbangkan jaringan yang ditunjukkan pada Gambar 5-1. Jaringan ini memiliki tiga router menghubungkan lima segmen jaringan bersama-sama. Jelas, satu-satunya jalan dari Router1 ke host pada 172.16.3.0/24 berjalan melalui Router2. Demikian juga, hanya jalan untuk
host pada subnet 172.16.4.0/24 berjalan melalui Router3.
Gambar 5-1. Sebuah jaringan kecil dengan menggunakan routing statis

Berikut adalah contoh fragmen yang relevan dari konfigurasi dari ketiga router menggunakan routing statis. Perhatikan bahwa setiap konfigurasi router harus berisi rute statis untuk jaringan melekat pada router lainnya, tapi bukan mereka langsung melekat pada router itu sendiri.





Konfigurasi untuk Router1:

    hostname router1
    !
    antarmuka ethernet 0
    ip address 172.16.1.1 255.255.255.0
    !
    antarmuka ethernet 1
    ip address 172.16.2.1 255.255.255.0
    !
    ip route 172.16.3.0 255.255.255.0 172.16.1.2
    ip route 172.16.4.0 255.255.255.0 172.16.1.2
    ip route 172.16.5.0 255.255.255.0 172.16.1.2
    

Konfigurasi untuk Router2:

    hostname router2
    !
    antarmuka ethernet 0
    ip address 172.16.1.2 255.255.255.0
    !
    antarmuka ethernet 1
    ip address 172.16.3.1 255.255.255.0
    !
    antarmuka ethernet 2
    ip address 172.16.5.1 255.255.255.0
    !
    ip route 172.16.2.0 255.255.255.0 172.16.1.1
    ip route 172.16.4.0 255.255.255.0 172.16.3.2
    

Konfigurasi untuk Router3:

    hostname router3
    !
    antarmuka ethernet 0
    ip address 172.16.3.2 255.255.255.0
    !
    antarmuka ethernet 1
    ip address 172.16.4.1 255.255.255.0
    !
    ip route 172.16.1.0 255.255.255.0 172.16.3.1
    ip route 172.16.2.0 255.255.255.0 172.16.3.1
    ip route 172.16.5.0 255.255.255.0 172.16.3.1

Sumber : http://oreilly.com/catalog/cisco/chapter/ch05.html